Kamis, 14 Desember 2017

KOMUNIKASI DATA

BAB 11

KOMUNIKASI DATA


PENDAHULUAN
Saat skala operasi bisnis berkembang, timbul kebutuhan untuk mengumpulkan data dan menyebarkan keputusan di area geografis yang tersebar luas. Model dasar yang menggambarkan komunikasi antara manusia juga dapat berfungsi sebagai model untuk komunikasi data.
Ada banyak variasi dalam pengaturan jaringan komunikasi data, tetapi dasarnya adalah jaringan luas (wide area network) atau WAN, dan jaringan setempat (local area network), atau LAN. WAN yang pertama dibentuk untuk menyediakan jasa timesharing. Dalam suatu LAN, semua perangkat keras dan sirkuit dimiliki oleh perusahaan, tetapi WAN, saluran disediakan oleh perusahaan penyedia jasa komunikasi.
Salah satu masalah dalam menggunakan LAN adalah masalah pengendalian atas banyak pemakai yang berbagi fasilitas. Dua cara telah dibuat – connection based control yang mencerminkan filosofi “yang datang terdahulu, dilayani terdahulu”, dan token passing control yang lebih teratur.
Komunikasi data sangat penting bagi perusahaan sehingga manajemen jaringan yang baik yang didasarkan pada perencanaan merupakan suatu keharusan. Manajer jaringan adalah elemen kunci dalam program ini. Komunikasi data membantu manajer dengan menghilangkan penghalang geografis dalam penggunaan komputer. Komunikasi data membantu perusahaan dengan memungkinkan suatu strategi sentralisasi atau desentralisasi pengambilan keputusan.             

MODEL DASAR KOMUNIKASI
Bentuk paling umum dari komunikasi data adalah saat seseorang berbicara pada orang yang lain. Proses ini digambarkan pada gambar dibawah. Diagram itu dinamakan model dsasar komunkasi, dan dua elemen yang terpenting adalah pengirim dan penerima. Saat seseorang berbicara pada orang yang lain, pengirim menggunakan otak dan suaranya sebagai pembuat kode (coder) untuk mendapatkan komunikasi itu, atau pesan, menjadi bentuk yang dapat dikirimkan. Pesan harus bergerak melalui sejenis jalur, yang dinamakan saluran (channel), untuk mencapai penerima. Pesan verbal yang dikomunikasikan dalam percakapan tatap muka bergerak dalam bentuk gelombang suara melalui udara. Saat pesan mencapai penerima, pesan tersebut harus diuraikan kodenya (decoded). Telinga dan otak penerima berfungsi sebagai pengurai kode (decoder). 


KOMUNIKASI DATA BERBASIS KOMPUTER
Model dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram yang menunjukkan cara data dikomunikasikan melalui komputer. Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektro magnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Istilah-istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.
Gambar dibawah menunjukkan skema dasar komunikasi data. Ini adalah bentuk komunikasi komputer paling sederhana. Satu terminal dihubungkan dengan satu komputer. Diagram ini berbeda dari model dasar komunikasi dalam hal komunikasi dapat mengalir bolak-balik. Terminal dapat menjadi pengirim dan komputer dapat menjadi penerima, atau sebaliknya.
Seperti halnya komunikasi antar manusia, pesan komputer harus bergerak melalui suatu saluran. Banyak teknologi yang digunakan , tetapi yang paling umum adalah sirkuit telepon yang sama seperti yang digunakan untuk komunikasi suara. Misalnya satu saluran telepon standar dapat menyediakan 24 saluran.
Agar sirkuit telepon dapat digunakan untuk komunikasi data, peralatan khusus harus disertakan pada tiap ujung. Alat tersebut dinamakan modem (modulator-demodulator). Modem mengubah sinyal-sinyal elektronik dari peralatan komputer (terminal dan komputer) menjadi sinyal-sinyal elektronik dari sirkuit telepon, dan sebaliknya.


Jenis-jenis Jaringan
Semua peralatan datacom yang saling berhubungan dikenal sebagai jaringan (network). Peralatan-peralatan dibuat menjadi jaringan untuk mendapatkan komunikasi. Jaringan datacom berupa jaringan luas (WAN), dan jaringan setempat (LAN), atau kombinasi keduanya.
Jaringan Luas (Wide Area Network – WAN) meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi  seperti jasa telepon jarak jauh, transmisi satelit, dan kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan host computers dan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh : jaringan perbankan antar daerah dan sistem pemesanan penerbangan.



Jaringan Setempat (Local area Network – LAN) meliputi area yang terbatas. Namun, perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN umumnya menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang semuanya berlokasi di area yang relatif kecil, seperti satu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahan tertarik pada pada LAN, karena LAN memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data, dan peralatan.



PERANGKAT KERAS KOMUNIKASI


Gambar diatas menggambarkan jaringan datacom yang diperluas. Tidak semua perangkat keras dapat disertakan, tetapi gambar tersebut dapat memperlihatkan seperti apa suatu jaringan dalam organisasi bisnis.
Terminal
Terminal Keyboard, manajer dapat menggunakan terminal untuk menerima laporan berkala, meminta laporan khusus, berdialog dengan model matematika dan sistem pakar, serta mengirim dan menerima komunikasi seperti surat elektronik.
Telepon Tombol, komputer yang dilengkapi dengan alat respon audio dapat mengirimkan pesan yang dapat didengar oleh pemakai di telepon tombol (push button telephone). Tombol tekan digunakan untuk mengirimkan data dan instruksi ke komputer.
Terminal Titik Penjualan (Point Of Sale)-POS, terminal ini menyediakan cara memasukkan data transaksi ke dalam database pada saat penjualan (point of sale). Karena alasan tersebbut terminal ini dinamakan terminal POS, dan terdapat pada semua jenis operasi eceran. Terminal POS popular di toko serba ada. Disana para petugas penjualan membaca label harga dengan alat OCR.
Terminal Pengumpulan Data, digunakan untuk mengumpulkan data, menjelaskan kehadiran dan kinerja kerja pegawai. Terminal pengumpulan data memiliki alat OCR, alat pembaca kartu pegawai dan keyboard. Alat OCR digunakan untuk membaca karakter dari dokumen-dokumen yang menyertai pekerjaan yang berjalan diseluruh pabrik, sehingga memudahkan pelaporan pekerjaan. Alat pembaca kartu pegawai membaca data yang tercatat pada garis magnetik dari kartu pegawai, sehingga memudahkan pelaporan kehadiran.
Terminal Khusus, terminal cash register khusus di tempat-tempat seperti McDonald’s, toko donat dan kantin. Terminal disana biasanya memiliki banyak tombol satu tombol untuk tiap jenis penjualan. Anda membeli Happy Meal  dan pegawainya memencet satu tombol. Terminal seperti itu adalah terminal khususs (special purpose terminal) karena telah dirancang untuk penggunaan tertentu.

PERANGKAT KERAS KOMUNIKASI LAIN
Cluster Control Unit
Cluster control unit membangun hubungan antara terminal yang dikendalikannya (biasanya tiga puluh dua atau kurang) dengan peralatan-peralatan dan saluran-saluran. Alat ini memungkinkan bebrapa terminal berbagi satu printer atau mengakses beberapa komputer melalui saluran-saluran yang berbeda. Cluster control unit dapat pula mengerjakan pemeriksaan kesalahan dan pengubahan kode.
Modem
Satu-satunya saat modem tidak diperlukan adalah saat telepon tombol digunakan sebagai terminal. Semua saluran datacom lain memerlukan modem pada tiap ujungnya. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu, biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 9600 bit per detik, dan seterusnya. Kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.
Multiplexer
Multiplexer adalah suatu alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak. Penambahan multiplexer berdampak seperti mengubah jalan satu jalur menjadi jalan bebas hambatan dengan beberapa jalur.
 Saluran
           Local Loop, saat sinyal-sinyal meninggalkan modem pengirim, mereka bergerak melalui suatu local loop, yang menyediakan hubungan antara peralatan perusahaan dengan sentral dari perusahaan telepon di kota pengirim. Local loop biasanya terdiri dari kawat atau kabel coaxial. Diperlukan empat kawat yang dipilin berpasangan. Twisted pair adalah jenis sirkuit yang paling umum. Kabel coaxial (coax) terdiri dari satu kawat yang dilapis dengan insulasi dan berada di dalam pembungkus luar berbentuk silinder.
Interexchange Channel,  satu pesan mencapai sentral perusahaan telepon, dibuat keputusan mengenai rute mana yang akan dilalui oleh pesan. Bagian dari saluran yang mengjangkau jarak terjauh disebut interexchange channel circuit (IXC circuit), berbentuk kawat-kawat yang terentang pada tiang telepon atau kabel metal yang ditanam di bawah tanah, yang menghubungkan sentral telepon diberbagai kota.
Kabel Serat Optik (fiber optic cables), terdiri dari serat-serat kaca sehalus rambut dan pulsa-pulsa cahaya melewatinya. Pulsa-pulsa itu dikodekan untuk mewakili data. Sinyal gelombang mikro (microwave signals) adalah gelombang elektromagnetik yang sangat pendek yang ditransmisikan secara lurus. Ketika sinyal ditransmisikan di atas tanah sinyal itu bergerak dari satu menara gelombang mikro ke yang lainnya. Sinyal gelombang mikro dapat pula dipantulkan dari satelit di orbit stasioner 23.300 mil diatas bumi. Stasiun transmisi yang mengirim dan menerima sinyal satelit disebut stasiun bumi.
 Front end Processor
Front end Processor menangani lalu lintas komunikasi data yang masuk dan keluar bagi host computer. Kedua komputer tersebut dapat merupakan jenis apapun, tetapi konfigurasi yang umum terdiri dari sejenis komputer mini khusus yang berfungsi sebagai front end processor dan sebuah komputer mainframe yang menjadi host. Front end processor berfungsi sebagai unit input dari host dengan mengumpulkan pesan-pesan yang masuk dan menyiapkan data bagi host. Front end processor juga berfungsi sebagai unit output dari host dengan menerima pesan-pesan untuk transmisi ke terminal. Sebagian front end processor melakukan message switching dengan mengatur rute (routing) pesan dari satu terminal ke yang lain tanpa melibatkan host, front end processor dapat menyimpan pesan tersebut dalam dalam penyimpanan sekunder dan mengirimkannya nanti, kemampuan ini disebut simpan dan teruskan (store and forward).
 Host
Host mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan. Pesan-pesan yang masuk ditangani dengan cara yang sama dengan data yang diterima dari unit input jenis appaun. Setelah pemrosesan, pesan dapat ditransmisikan kembali ke front end processor untuk routing.

PERANGKAT LUNAK KOMUNIKASI DATA
Perangkat lunak memungkinkan semua unit perangkat keras datacom bekerja sebagai satu sistem. Sebagian besar perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat berada dalam cluster control unit dan terminal. Bermacam-macam nama digunakan untuk perangkat lunak, tergantung pada lokasinya.
Perangkat Lunak dalam Host
Perangkat lunak datacom dalam host disebut telecommunication monitor (TCM). Walau fungsi yang dilakukan perangkat lunak TCM berbeda dari satu sistem ke sistem yang lain, umumnya TCM memungkinkan host untuk :
1.    Menempatkan pesan dalam suatu urutan tertentu berdasrkan prioritasnya.
2. Melaksanakan fungsi keamanan dengan mempertahankan catatan (log) kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas yang diminta.
3. Menghubungkan jaringan datacom dengan sistem manajemen database. Sebagian besar DBMS mainframe memiliki versi untuk para pemakai jaringan.
4. Menangani gangguan-gangguan kecil dalam pemrosesan (seperti listrik padam) dengan menyimpan status dari penyimpanan primer secara periodic.
Perangkat lunak dalam Front end Processor
Nama yang digunakan untuk perangkat lunak datacom dalam front-end processor adalah network control program (NCP). Sebagian kecil dari fungsinya yang penting adalah :
1.    Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran.
2.    Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan cap tanggal dan waktu pada tiap pesan, beserta nomor seri yang unik.
3.  Mengubah kode-kode yang digunakan oleh satu jenis peralatan (misalnnya IBM) ke jenis lain (misalnya DEC).
4.  Melaksanakan fungsi editing pada data yang masuk dengan memeriksa kesalahan  dan mengatur kembali formatnya.
5.  Menambahkan dan menghapus kode-kode routing. Kode-kode ditambahkan pada pesan keluar untuk mengarahkannya pada terminal yang tepat, dan kode-kode dihapuskan dari pesan masuk sebelum ditransmisikan ke host.
6.  Memelihara file historis dari pesan-pesan yang ditangani selama misalnya dua puluh menit terakhir di dalam penyimpanan sekunder.
7.    Memelihara statistic atas penggunaan jaringan

PENDEKATAN DASAR JARINGAN PADA PEMROSESAN
Dua generasi pertama peralatan komputer menampilkan sistem-sistem yang berdiri sendiri (stand alone). Ketika perangkat keras komputer generasi ketiga, yang menampilkan integrated chip circuitry diperkenalkan pada 1964, timbul gagasan untuk menggunakan sistem baru tersebut dalam jaringan komunikasi data. Pendekatan pertama adalah timesharing. Selanjutnya muncul distribusi pemrosesan (distributed processing). Sekarang, konsep yang disebut client/server computing paling banyak menarik perhatian.
Timesharing
Jaringan timesharing terdiri dari satu komputer tunggal yang dipakai bersama oleh beberapa pemakai yang memperoleh akses melalui terminal-terminal. Gambar dibawah menggambarkan sistem timeharing.


Distribusi Pemrosesan
Saat komputer-komputer mikro menjadi populer, perusahaan-perusahaan  mengubah strategi mereka dan mulai mendistribusikan computer mini dan mikro diseluruh organisasi. Jika sistem-sistem ini saling berhubungan, teknik ini dikenal sebagai distribusi pemrosesan atau distribusi pemrosesan data (distributed data processing - DDP). Gambar dibawah ini menggambarkan jaringan terdistribusi.


Client/Server Computing
Client/server computing adalah suatu pendekatan bagi penggunaan jaringan yang didasarkan pada konsep bahwa sebagian fungsi paling baik ditangani secara lokal dan sebagian paling baik ditangani secara terpusat. Karena itu, client  / server computing dapat mencakup WAN, tetapi konfigurasinya biasanya terdiri dari satu atau baebaerap LAN saling berhubungan. Pada jaringan  client  / server computing  yang umum, pemrosesan aplikasi dibagi antara beberapa client dan satu atau beberapa server. Client adalah pemakai yang mengakses jaringan melaui komputer desktop. Server dapat berupa computer ukuran  apa pun mainframe, mini, workstation, atau bahkan mikro yang menyediakan fungsi pengendalian bagi jaringan.
Client/server computing merupakan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak yang jauh lebih rumit daripada timesharing atau distribusi pemrosesan. Jika diterapkan dalam bentuk yang paling canggih, sistem apapun dalam jaringan dapat mengakses dan menggunakan sistem lain apa pun yang tersedia. Kunci client/server computing adalah perangkat lunak server jaringan yang menyediakan titik-titik pengendalian untuk fungsi-fungsi kritis seperti pembagian perangkat keras, pembagian perangkat lunak, manajemen database, penyimpanan dan penyampaian, manajemen jaringan, pengolahan batch, dan saling keterkaitan antar beberapa jaringan.

PERUSAHAAN PENYEDIA JASA KOMUNIKASI
Perusahaan penyedia jasa komunikasi adalah perusahaan swasta yang menyediakan jasa komunikasi dengan bayaran. Bayaran ini disebut tarif. Perusahaan penyedia jasa komunikasi yang  utama meliputi AT & T, tujuh Bell Operating Companies, GTE, MCI, dan US Sprint.
Jasa-jasa Perusahaan Penyedia Jasa Komunikasi
Perusahaan penyedia jasa komunikasi biasanya menyediakan jasa umum terukur dan jasa pribadi langganan. Pada jasa umum terukur (public measured service), tagihan didasarkan pada frekuensi dan jaarak jasa komunikasi yang digunakan. Pada jasa pribadi langganan (private leased service), pemakai membuat suatu perjanjian dengan perusahaan penyedia jasa komunikasi komunikasi untuk menerima pelayanan eksklusif seperti sambungan pribadi. Sambungan pribadi (private line) juga disebut leased line atau dedicated line, adalah sambungan yang penggunaannya eksklusif untuk anda-24 jam sehari, 7 hari seminggu. Contoh dari jasa pribadi langganan yang sangat menjanjikan bagi jaringan komunikasi bisnis adalah ISDN.
ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network), adalah suatu arsitektur jaringan komunikasi digital yang memungkinkan komunikasi suara, data,teks dan video dapat dilakukan secara serentak. Blok bangunan dasar ISDN adlah suatu saluran 64-kbps, yang dinamakan saluran B ((B-channel). Tiap saluran B digunakan untuk mentransmisikan informasi pemakai. Saluran yang lain disebut saluran D (D-channel), membawa sinyal dan informasi pengendalian yang digunakan untuk memulai, mengarahkan kembali, atau mengakhiri panggilan.
Jasa ISDN beroperasi dalam dua struktur standar, yang disebut akses dasar dan akses primer. Akses dasar terdiri dari dua saluran B dan satu saluran D 16 kbps dan terutama ditujukan bagi pemakai rumahan. Akses primer menyediakan 23 saluran B dan satu saluran D 64 kbps, dan ditujukan bagi pemakai bisnis.
Jasa kemudahan ini telah memberikan kegairahan diantara pemakai komputer pribadi yang menemui kesulitan menunggu lama dalam mengakses internet. Waktu tunggu ini dapat dipersingkat sampai empat kali lebih cepat dengan layanan ISDN ini. Suatu adapter terminal yang mirip dengan modem ditambahkan ke komputer dengan biaya pemasangan satau kali waktu pasang dan selanjutnya biaya langganan setiap bulan.

JARINGAN SETEMPAT
Jaringan yang sedang menarik paling banyak perhatian adalah LAN. LAN terdiri dari empat workstation yang terletak pada ruang kerja para pemakai. Workstation adalah suatu konfigurasi mikro yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Tiap workstation dapat digunakan secara berdiri sendiri (stand-alone), tetapi masing-masing juga dapat mengakses alat penyimpanan atau output, yang disebut peripherals. Peripherals berada dibawah pengendalian komputer mikro lain yang disebut server jaringan atau file server. Pada LAN ini, workstation dihubungakan ke server melalui suatu bus. Bus adalah satu sirkuit tunggal dengan penjang yang terbatas.
Sirkuit LAN
Semua peralatan dan sirkuit LAN dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan. Perusahaan penyedia jasa komunikasi tidak terlibat, kecuali jika LAN saling berhubungan dengan IXC. Jenis sirkuit yang digunakan tergantung pada faktor-faktor seperti jarak, kerentanan pada gangguan sirkuit, serta biaya. Twisted pair adalah bentuk sirkuit termurah tetapi memiliki kemampuan yang terbatas.
Perangkat Lunak LAN
Perangkat lunak khusus memungkinkan workstation untuk berbagi peripherals. Sebagian besar perangkat lunak terletak di dalam server jaringan, tetapi sebagian berada dalam tiap workstation. Salah satu sistem perangkat lunak jaringan LAN yang paling popular adalah NetWare.
Metode Pengendalian LAN
            Pengendalian Contention Based. Ketika pengendalian based diterapkan, workstation mana pun dalam jaringan yang ingin mentransmisikan pesan pertama-tama memperhatikan sinyal sibuk. Jika sinyal tidak terdeteksi, workstation itu mengirimkan pesannya. Karena tidak ada pengendalian terpusat, dua workstation atau lebih dapat mencoba transmisi pada waktu bersamaan. Hal ini disebut tabrakan (collision). Untuk menghindari tabrakan, perlu diterapkan suatu skema pengendalian. Dengan pendekatan contention-based, pengendalian jaringan relatif sederhana, namun kinerja jaringan dapat cepat menurun jika transmisi menjadi sibuk.
        Pengendalian Token Passing. Jika pengendalian token passing digunakan, sentralisasi pengendalian jaringan dicapai dengan menggunakan token. Token adalah seperangkat bit-bit data yang diteruskan dari satu workstation ke workstation lain. Suatu workstation hanya dapat mengirim pesan jika ia memiliki token dari jaringan itu.

PROTOKOL DAN ARSITEKTUR JARINGAN
Protokol Perusahaan Manufaktur
Untungnya,sejumlah perusahaan manufaktur peralatan datacom menyadari potensi ketidak sesuaian peralatan sebelum situasi menjadi tidak terkendali. IBM adalah salah satunya. Di bidang datacom, kata protokol digunakan untuk menjelaskan suatu aturan untuk saling berhubungan antara berbagai unit. IBM menamakan sistem protokolnya System Network Architecture (SNA). Dalam merancang SNA, IBM mempertimbangkan semua kegiatan yang diperlukan untuk mentransmisikan data melalui suatu jaringan dengan seorang pemakai pada satu ujung (disebut user node), host computer pada ujung yang lain (disebut host node), dan beberapa node perantara (intermediate nodes) yang terdiri dari alat-alat seperti front end processor dan cluster control unit.
SNA diterima begitu baik sehingga perusahaan manufaktur komputer lain mengembangkan standar mereka sendiri. Namun, para pemakai tidak melihat banyaknya standar dari perusahaan manufaktur sebagai solusi bagi permasalahan mereka.
Model OSI
Masalah ketidak sesuaian antara produk-produk datacom mempengaruhi para pemakai diseluru dunia, dan pada tahun 1978 International Standard Organization mengumumkan suatu sistem protokol jaringan dan menamakannya model OSI. OSI merupakan singkatam dari open system interconnection. Seperti SNA, model OSI menggunakan lapisan-lapisan untuk mendefinisikan kegiatan-kegiatan fisik. Standar yang dibuat salah satunya adalah 7 layer/lapisan OSI :
1.        Lapisan fisik : mentransmisikan data dari satu node ke node lain.
2.        Lapisan link data : memformat data menjadi record dan mendeteksi kesalahan.
3.        Lapisan jaringan : menyebabkan lapisan fisik mentransfer frames dari node ke node.
4.        Lapisan transport : memungkinkan user node dan host node saling berkomunikasi.
5.        Lapisan sessions : bertugas memulai, memelihara dan menyelesaikan setiap session.
6.        Lapisan penyajian : memformat data sehingga dapat disajikan kepada pemakai atau host.
7.    Lapisan aplikasi : mengendalikan input pemakai dari terminal dan melaksanakan program aplikasi pemakai di dalam host.

Beberapa Contoh Protokol OSI
Suatu contoh protokol pada lapisan fisik adalah steker RS 232c yang digunakan untuk saling menghubungkan perangkat keras datacom. Steker 25 pin ini digunakan oleh semua pembuat peralatan datacom. Beberapa pin tertentu ,elaksanakan fungsi khusus. Suatu contoh dari protokol lapisan link data adalah format untuk frame pesan.

MANAJEMEN JARINGAN
Jaringan merupakan sistem saraf dari operasi perusahaan, dan kegagalan jaringan dapat merugikan jutaan rupiah tiap menitnya. Manajemen jaringan ditujukan untuk mengurangi peluang kegagalan jaringan, terutama melalui perencanaan dan pengendalian.
Perencanaan Jaringan
Perencanaan jaringan terdiri dari semua kegiatan yang diarahkan untuk mengantisipasi kebutuhan jaringan perusahaan. Ini mencakup tiga komponen utama yaitu :
1.      Perencanaan Kapasitas : menganalisis dan merencanakan volume lalu lintas yang dapat ditangani jaringan.
2.       Perencanaan Staf : membantu menentukan jumlah orang yang diperlukan untuk mengelola suatu jaringan dan tingkat keahlian yang diperlukan.
3.    Pemantauan Kinerja : menganalisis waktu respon pada suatu tingkat lalu lintas tertentu untuk mengantisipasi efek dari kemungkinan perubahan kinerja jaringan.
Pengendalian Jaringan
Pengendalian jaringan meliputi pemantauan jaringan setiap hari untuk memastikan bahwa jaringan tetap pada tingkat operasi yang diinginkan. Pengendalian jaringan meliputi prosedur-prosedur seperti deteksi kegagalan, isolasi kegagalan dan pemulihan jaringan. Untuk mencapai dan memelihara pengendalian jaringan, perusahaan memerlukan standar operasi, strategi rancangan, prosedur pengendalian kegagalan, dan metodologi pemecahan masalah.
Manajer Jaringan
Manajer jaringan bertanggung jawab merencanakan, menerapkan, mengoperasikan, dan mengendalikan jaringan datacom perusahaan. Tergantung dari ukuran perusahaan dan kerumitan kegiatan datacom, staf dari manajer jaringan dapat terdiri dari beberapa spesialis datacom dengan berbagai keahlian yang berbeda. Para spesialis ini dapat mencakup analis jaringan yang melaksanakan fungsi yang sama seperti analis sistem, hanya terbatas pada sistem yang berorientasi komunikasi, analis perangkat lunak yang memprogram dan memelihara perangkat lunak datacom, dan teknisi datacom yang ahli dalam perangkat keras datacom.

PERAN DATACOM DALAM PEMECAHAN MASALAH
Sebelum adanya datacom, pemecah masalah yang dapat menerima output komputer dalam jangka waktu yang memadai hanyalah orang-orang yang berada pada lokasi komputer. Sekarang, informasi yang menjelaskan keseluruhan operasi perusahaan dapat berada di ujung jari semua pemakai, jika database dan koleksi perangkat lunak menyimpan unsur-unsur yang diperlukan. Keuntungan gabungan bagi pemecah masalah perorangan memberikan bagi perusahaan fleksibilitas yang hampir tidak terbatas dalam hal strategi perusahaan.
Pada perusahaan yang menerapkan sentralisasi pengambilan keputusan, semua keputusan penting dibuat oleh manajemen puncak dikantor pusat. Datacom berkontribusi dengan menyediakan arus data dari temapt oprasi perusahaan ke komputer kantor pusat. Datacom juga berkontribusi dengan menyediakan sarana mengkomunikasikan keputusan-keputusan manajemen puncak ke seluruh organisasi.
Pada perusahaan yang menerapkan desentralisasi pengambilan keputusan, manajemen puncak mendelegasikan wewenang untuk membuat keputusan tertentu pada manajer tingkat yang lebih bawah. Manajer tingkat yang lebih bawah dapat memecahkan masalah mereka sendiri dengan menggunakan komputer sentral secara timesharing atau dengan menggunakan salah satu komputer dalam jaringan jika distribusi pemrosesan atau client/server computing diterapkan.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazon VS Walmart "Which Giant Will Dominate E-commerce ?"

Amazon VS Walmart " Which Giant Will Dominate E-commerce ? "  ( Manakah Raksasa yang akan mendominasi E-Commerce ) ...