Rabu, 27 September 2017

PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

BAB 3
PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

Perusahaan Multinasional
Perusahaan Multinasional (multinational coporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan.
Kebutuhan Pemrosesan Informasi yang Khusus di sebuah MNC
Aktivitas setiap perusahaan dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal. Istilah warisan administratif digunakan untuk menggambarkan kondisi internal yang mencakup hal-hal seperti asset perusahaan, distribusi kekuasaan dalam struktur organisasi, budaya perusahaan dan gaya manajemen. Kondisi eksternal adalah hal-hal yang berada di lingkungan perusahaan. Bagi MNC, lingkungan tersebut bersifat global.
Jenis-jenis Struktur Organisasi MNC
Divisi Fungsional Sedunia, dalam struktur ini, anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional-manufaktur, pemasaran, dan keuangan.
Divisi Internasional, dalam struktur ini, semua anak perusahaan diluar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestik.
Wilayah Geografis, dalam struktur ini, MNC membagi operasinya menjadi wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya.
Divisi Produk Sedunia, dalam struktur ini, perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk dan bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri diseluruh dunia.
Dimensi-dimensi Struktural Pengolahan Informasi
Pemrosesan Informasi Taktis versus Strategis, pemrosesan informasi yang menangani transaksi harian dalam volume besar disebut pemrosesan transaksi taktis, sedangkan pemrosesan informasi yang melibatkan penyaringan dan pengikhtisaran data akuntansi untuk menonjolkan masalah-masalah tingkat tertinggi disebut pemrosesan informasi strategis.
Informasi Perusahaan dan Negara versus Informasi Produk, Informasi yang  dihasilkan MNC dapat dipisahkan dalam  dua golongan besar , yang satu mengaambarkan produk-produk perusahaan dan yang lain menggambarkan perusahaan dan negara tempat beroperasinya perusahaan.
Lokasi dari Kapasitas Pengolahan Informasi MNC
 Dapat dikombinasikan dengan empat jenis struktur organisasi MNC untuk mengidentifikasi unit-unit dan individu-individu yang memerlukan informasi khusus.
Perlunya Koordinasi dalam Suatu MNC
Keuntungan Koordinasi
·      Fleksibilitas dalam memberi respon terhadap pesaing di berbagai Negara dan pasar
·      Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di seluruh dunia
·      Pengurangan keseluruhan biaya operasi
·      Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit di berbagai Negara

Judul Strategi Bisnis Global
Strategi Multinasional
Perusahaan-perusahaan ini memberikan banyak kebebasan pada anak-anak perusahaannya untuk memnuhi kebutuhan pelanggan yang berada dalam wilayah mereka. Dengan strategi multinasional, sistem informasi memudahkan desentralisasi pengambilan keputusan, dan terdiri dari proses dan database yang berdiri sendiri.
Strategi Global
            Strategi global mengumpulkan pengendalian diperusahaan induk, sehingga sebagian besar kapasitas sistem informasinya berlokasi di perusahaan induk dan terdapat sentralisasi proses dan database.
Strategi Internasional
            Perpaduan dari sentralisasi dan desentralisasi. Perusahaan menerapkan strategi bisnis ini menggunakan sistem interorganisasi yang menghubungkan proses dan database perusahaan induk dengan anak perusahaan.
Strategi Transnasional
            Perusahaan induk dan anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, dan mengkoordinasikan logistic agar produk mencapai pasar yang tepat.
Global Business Drivers (GBD)
            Adalah suatu entitas yang mengambil manfaat dari economic of scale dan economic of scope, kemudian memberikan kontribusi pada strategi global. Berikut tujuh driver yang diidentifikasi melalui survei :
1.    Sumber daya bersama
2.    Perasi yang fleksibel
3.    Rasionalisasi operasi
4.    Pengurangan risiko
5.    Produk global
6.    Pasokan yang langka
7.    Pelanggan tingkat perusahaan
Saran untuk menetapkan GBD
Saat perusahaan menetapkan GDB, bebrapa hal yang harus diperhatikan :
·      Analisis harus melibatkan  eksekutif puncak perusahaan
·      Tingkat analisis seharusnya jangan terlalu tinggi
·      Analisis harus menyadari perbedaan-perbedaan yang ada dalam perusahaan
·      Analisis harus menyadari perbedaan budaya yang ada anara satu anak perusahaan dengan anak perusahaan yang lain

Masalah dalam Menerapkan Sistem Informasi Global
Kendala Politis
·      Pembatasan pembelian dan impor perangkat keras
·      Pembatasan pemrosesan data
·      Pembatasan komunikasi data
Permasalahan Teknologi
MNC sering diganggu oleh masalah-masalah yang berkaitan dengan tingkat teknologi yang ada dinegara tempat anak perusahaan. Disejumlah Negara tidak tersedia cukup daya, sehingga seringnya terjadi pemadaman listrik, sirkuit telekomunikasi hanya dapat mengirim data dengan kecepatan rendah dan masalah perangkat lunak.
Kurangnya Dukungan Dari Manajer Anak Perusahaan
            Manajer anak perusahaan sering menjadi masalah. Sebagian yakin bahwa mereka dapat menjalankan anak perusahaan tersebut tanpa bantuan dan menganggap standar baru sebagai hal yang tidak perlu. Dengan sikap seperti itu dapat menciptakan ketegangan antara kantor pusat dan anak perusahaan yang akan berdampak negative pada keseluruhan operasi anak perusahaan.

Strategi Penerapan GIS
Strategi Transnasional bagi Penerapan GIS
Karena strategi transnasional paling rumit, maka hal penting yang berhuungan dengan GIS/ business strategy linkage, sumber daya informasi, pembagian data internasional, dan lingkungan budaya harus diperhatikan.
            Menghubungkan GIS dengan Strategi Bisnis, Tim pengembanagan harus :
1.    Bekerja sama secara erat dengan eksekutif perusahaan
2.    Mengerti strategi bisnis global dari tiap unit bisnis
3.    Menentukan strategi GIS global yang sesuai
4.    Menentukan tujuan dari tiap strategi GIS
5.    Mengidentifikasi aplikasi yang diperlukan untuk mencapai strategi bisnis
6.    Menugaskan orang-orang yang bertanggung jawab atas penerapan aplikasi tersebut
Menentukan Sumber Daya Informasi, Tim pengembang harus :
1.    Menentukan jumlah dan lokasi pusat data regional
2.    Mengidentifikasi penjual yang dapat menyediakan produk/jasa bagi tiap perusahaan
3.    Membuat spesifikasi standar perangkat keras dan lunak yang dapat digunakan
4.    Membuat rencana bagi satu atau beberapa unit penolong
5.    Siap menghadapi keterlambatan penerapan yang tidak dialami di negara perusahaan induk
Menyediakan Pembagian Data, Tim pengembang harus :
1.    Mengembangkan suatu model data global yang mendukung tujuan bisnis global
2.    Membentuk satu kelompok yang terdiri dari para wakil perusahaan induk dan anak perusahaan
3.    Meneliti peraturan berbagai Negara
4.    Menentukan apakah data akan dikirmkan melintasi batas negara atau memprosesnya di negara tempat anak perusahaan
5.    Menerapkan database
Memperhatikan Lingkungan  Budaya, Tim pengembang harus :
1.    Menyadari perbedaan budaya antara negara-negara tempat anak perusahaan
2.    Membuat survei atas keahlian para spesialis informasi yang ada di anak perusahaan
3.    Menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi anak perusahaan
4.    Membuat program-program formal

Penggunaan Komputer di Seluruh Dunia
Penggunaan Komputer di Yunani
Sebuah penemuan yang menunjukkan bagaimana para manajer di Negara tersebut menggunakan komputer untuk mendukung pengambilan keputusan.
Para Pemakai
            Para suervisor di yunani mengunakan komputer dua kali lebih lama dibandigkan manajer tingkat lain. Para manajer puncak menggunkan komputer  sedikit lebih lama daripada para manajer tingkat menengah.Para manajer jasa informasi adalah pemakai yang paling lama. Bagian manufaktur melampaui bagian akuntansi, keuangan,dan pemasaran.
            Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, PC( komputer personal)  lebih populer daripada komputer yang dihubungkan dengan jaringan. Dalam hal perangkat lunak yang paling popluer adalah paket yang berkaitan dengan end-user computing(paket pengolah kata, spreadsheet, pengelola database dan grafik).
Dukungan Pemecahan Masalah, Para manajer diminta untuk menunjukan nilai komputer dalam melaksanakan empat peran keputusan (decisional role). Nilai empat merupakan titik tengah dari skala dan menunjukan nilai ‘moderat’.
 Penggunaan Sistem Pakar di Jepang
            Sistem pakar adalah suatu contoh sistem berdasarkan pengetahuan dan sangat sulit untuk dicapai. Jepang mulai menerapkan sistem pakar pada tahun 1980 an. Sejak saat itu mereka tidak saja menguasai teknologinya tetapi telah menyusul Amerika serikat. Pandangan sisitem pakar dijepang ini tidak menceritakan bagaimana sistem tersebut digunakan. Namun, intinya adalah tekhnologi dan pengetahuan aplikasi komputer yang paling rumit pun dapat dipindahkan dan diterapkan pada skala internasional.

Menempatkan Penggunaan Komputer Internasional dalam Perspektif
            Kita telah melihat kokohnya landasan yang mendasari pembangunan GIS, terdiri dari struktur organisasi yang tertata baik, strategi bisnis global, global business drivers, dan strategi penerapan GIS. Deskripsi mengenai penggunaan komputer di seluru dunia masih kurang sikembangkan. Tetapi penelitian mengenai aplikasi di berbagai Negara akan semakin meningkat. Satu pemahaman yang lebih baik menenai penggunaan komputer di seluruh dunia memang dibutuhkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Amazon VS Walmart "Which Giant Will Dominate E-commerce ?"

Amazon VS Walmart " Which Giant Will Dominate E-commerce ? "  ( Manakah Raksasa yang akan mendominasi E-Commerce ) ...